Monday, December 10, 2018

RUMUS MATEMATIKA ? SUDAH BASI !!!


Yup, Hello Guys !!! Apa kabar kalian semua ?  
Apa yang terlintas pertama kali saat kalian membaca judul artikel ini ? Merasa bingung ? Penasaran ? atau biasa saja ? Yak benar, rumus matematika saat ini hanya sebatas tulisan yang ada pada buku dan pelajaran yang hanya sekali lewat saja. Mengapa demikian ? Hal ini karena saat ini siswa jaman sekarang atau sering kita sebut generasi milenial yang mana semua mau instan, cepat dan praktis, tanpa memikirkan lagi dapat dari mana hal itu, bagaimana bisa seperti itu. Ini tidak bisa serta merta menyalahkan siswa karena memang jaman mereka memang semua sudah serba praktis dan cepat jadi wajar saja jika mereka seperti itu.
Fenomena ini banyak dimanfaatkan oleh beberapa pihak guna menjadi peluang usaha. Peluang usaha yang dimaksud adalah usaha bimbingan belajar atau lebih dikenal sebagai bimbel atau les. Karena sangat menjanjikannya peluang usaha ini perkembangan dari tempat bimbel sangatlah cepat. Terbukti dari data SENSUS EKONOMI 2016 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) hingga April 2017 terdapat 29.283 Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) dimana 1886 yaitu bimbingan belajar. Data tersebut masih belum mencakup 100% lembaga bimbingan belajar karena terlalu banyaknya tempat bimbingan belajar yang dibuat secara mandiri. TERDAPAT 1.348.565 perserta bimbingan belajar dengan diantaranya 45,51% adalah pelajar SMA sedangkan 22,97% adalah pelajar SMP.
Dari data tersebut bimbingan belajar dibagi atas tiga JENIS BIMBINGANBELAJAR, yaitu:
1.      Les Kelembagaan
Jika modal Anda besar, les kelembagaan bisa menjadi tujuan Anda. Ini merupakan sekolah swasta yang didirikan oleh lembaga. Bimbingan jenis ini memberikan bermacam-macam fasilitas pendukung yan memudahkan anada dalam melakukan proses pemebelajaran misalnya modul bimbel, buku panduan les, informasi pendidikan, ringkasan rumus, konsultasi, dan sebagainya. Kondisi kelas biasanya menyerupai kondisi pembelajaran di sekolah, dimana tiap kelas diisi oleh beberapa orang siswa dan diajar oleh seorang guru atau mentor yang biasanya memiliki kemampuan mengajar di atas rata-rata. Hanya saja, les kelembagaan ini lebih intensif karena jam belajarnya lebih sedikit, dan juga biasanya materi yang diajarkan berupa ringkasan atau dalam bentuk LKS saja.
a.      Ganesha Operation
Yup yang pertama adalah Ganesha Operation. Siapa yang tidak mengenal Lembaga bimbel yang satu ini, Ganesha Operation Merupakan salah satu bimbel ternama di Indonesia. Bimbel asal Bandung ini telah berkiprah di dunia bimbel hamper 30 tahun sejak berdirinya tahun 1984. Sampai saat ini ada sekitar 411 outlet. Merupakan jumlah yang sangat banyak bukan ?
Outlet - outlet dimilikinya tersebar di kota -kota besar diseluruh penjuru tanah air, hamper setiap kota di seluruh Indonesia ada bimbel ini. Ganesha Operation telah banyak menjadi pilihan para siswa yang ingin meningkatkan kemampuan akademinya. Berbagai program  bimbingan yang ditawarkan mulai yang ditujukan untuk siswa SD hingga sampai siswa SMA . Akan tetapi pada saat awal berdiri Ganesha Operation adalah bimbingan belajar untuk mahasiswa saja, akan tetapi semakin tingginya kebutuhan akan adanya bimbingan belajar.
b.      Primagama
Yang satu ini pun tidak kalah terkenalnya dari GO, bimbel satu ini memang kerap mengiklankan diri distasiun televisi. Ada yang tau primagama dari mana ? Ya benar asal dari bimbel ini adalah dari kota pendidikan yaitu Kota Jogjakarta. Primagama didirikan pada tahun 1982 atau 34 tahun yang lalu oleh Purdi E Chandra, yang saat itu ia masih menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri Jogjakarta. Sampai saat ini primagama telah memiliki  sekitar 700-an tempat bimbel yang dimana mengajarkan program untuk siswa SD sampai SMA.
Berminat ingin mencoba salah satunya ? jika memang kalian gaes memiliki uang lebih alangkah baiknya untuk mencoba untuk menjadi siswa dari Lembaga tersebut, karena apa ? sebab selain kalian bisa menggunakan kelebihan kalian untuk hal yang berguna kalian juga akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.
2.      Les Privat/Individu
Jika Anda secara pribadi mampu secara manajerial dan kemampuan, les privat lebih tepat bagi Anda.Les ini hanya terdiri dari satu siswa dan satu tentor. Pembelajaran dilakukan di rumah klien, jadi tentornya datang langsung ke rumah, namun dalam beberapa fenomena, ada pula yang kliennya datang langsung ke rumah tentor. Les privat lebih sederhana ketimbang les kelembagaan karena intinya adalah membantu masalah siswa dalam belajar.
Perbedaan yang jelas adalah pada strukturnya yang jelas bahwa les privat tidak memiliki aturan khusus, hanya saja sebatas kesepakatan dari mentor dan siswa saja, dan bisanya les privat lebih mengutamakan untu membantu siswa dalam menyelesaikan tugas sekolahnya saja. Akan tetapi peminat dari les privat ini tidaklah sedikit.
3.      Bimbingan Belajar Online
Semakin canggihnya teknologi juga berdampak pada bimbingan belajar hal ini terbukti dengan adana bimbel online. Bimbel jenis ini mungkin masih jarang ditemukan di Indonesia. Proses pembelajaran dilakukan secara online dengan menggunakan fasilitas internet. Bentuknya bisa bermacam-macam, dari les perorangan ataupun les secara berkelompok. Untuk memberikan penjelasan, si tentor bisa menggunakan sebuah aplikasi atau media lain untuk pembelajaran jarak jauh. Namun, peminat bimbel jenis ini masih jarang karena masyarakat umum masih menganggap sedikit sulit dalam bimbel online ini. Contoh Bimbingan Belajar Online adalah :
1.      Quipper
Nah, untuk bimbel yang satu ini mungkin kamu sudah tahu dari sebelumnya karena pernah tenar dizamannya, karena Quipper sudah tidak asing lagi lho di Indonesia, terbukti dari banyaknya iklan mereka yang sering  tayang di TV. Startup belajar online yang satu ini sebenarnya bukan asli produk Indonesia namun mereka sudah membuka cabang di Indonesia sejak tahun 2014 silam, bisa tergolong baru di Indonesia. Namun, strategi marketing mereka membuat nama Quipper melesat populer mengalahkan nama pesaingnya.
2.      Zenius
Zenius; itulah nama salah satu bimbel online yang kini sudah tidak asing lagi bagi siswa-siswi Indonesia. Penulis pun pernah menggunakan aplikasi bimbel online ini.  Dari segi namanya mungkin kamu akan kepikiran bakal jadi orang yang jenius. Yups benar sekali! Mungkin itu salah satu alasan ownernya untuk memberikan nama Zenius untuk bimbel ini. Zenius bakal membuat kamu jadi orang yang jenius. Dari segi konten dan kualitas memang Zenius tidak diragukan lagi, sudah banyak testimoni dari siswa yang sudah menggunakan Zenius merasa puas atas kualitas belajar dari Zenius ini. Konten belajar yang digunakan dengan menghadirkan video pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami.
3.      Ruang Guru
Bimbel online yang satu ini adalah bimbel yang sedang naik daun ditahun 2018 ini, dimana orang yang mempromosikan atau mengiklankannya adalah idola siswa di Indonesia saat ini diantaranya adalah Iqbal mantan personil CJR dan satu lagi gamer E-spot yaitu Justin atau dikalangan gamer lebih dikenal sebagai Jess No Limit.
Bimbel online yang satu ini akan mempertemukan guru dan siswa dalam satu wadah interaktif dimana akan berlangsung proses pembelajaran. Pihak guru dalam website ini tidak hanya berasal dari profesi guru formal, namun orang yang bukan berprofesi sebagai guru juga dapat menjadi guru di bimbel ini, asalkan orang tersebut menguasai materi pelajaran.
Ruang guru sifatnya sebuah market online yang akan mempertemukan siswa dan guru yang dipilih sesuai keinginan berdasarkan lokasi wilayah yang berdekatan, dan kesesuaian kompetensi yang dimiliki oleh guru tersebut.
Situs ruang guru tempat kamu mencari guru secara online namun, konsep belajarnya adalah secara offline, atau tatap muka. Jadi, kamu bisa mengajak guru tersebut ke rumahmu untuk belajar secara privat, sejenis les privat gitu dah.
Data tersebut membuktikan bahwa memang banyak dari kita lebih memilih belajar secara instan tanpa belajar konsep. Hal tersebut juga dialami oleh penulis sendiri yang dari sejak SD sampai SMA sudah mengikuti bimbingan belajar. Hal ini karena paradigma orang tua pada saat itu hinga sekarang adalah anak yang mengikuti bimbingan belajar atau les terbukti lebih mudah mengerti dari pada yang tidak mengikuti bimbel.  Mindset seperti itulah yang membuat banyak orang tua berlomba-lomba untuk memasukan anaknya di tempat bimbel terbaik.
Mencari sesuatu yang praktis dan cepat merupakan hal utama yang ditawarkan oleh tempat bimbingan belajar. Dalam matematika suatu rumus cepat atau praktis lebih dikenal dengan istilah Smart Solution. Smart Solution adalah sebuah rumus matematika yang dimana rumus tersebut diringkas sedemikian sehingga dapat menyelesaikan suatu permasalahan matematika dengan cepat dari pada menggunakan rumus biasa. Hal tersebut menurut penulis sendiri adalah hal yang memang sangat kita butuhkan saat ini. Mengapa demikian , karena kita sering dihadapkan pada kondisi dimana waktu yang disediakan terbatas sedangkan soal yang kita kerjakan begitu banyak. Disitulah fungsi dari smart solution yang dimana kita bisa mengerjakan soal dengan waktu yang lebih singkat sehingga kita bisa mengerjakan soal lebih banyak dari pada menggunakan rumus biasa.
Menggunakan rumus praktis atau smart solution bukanlah sebuah kesalahan karena memang situasi dan kondisi memang mengharuskan untuk menggunakan smart solution. Akan tetapi penggunaan smart solution akan lebih baik jika penguasaan konsep dari sebuah materi matematika merupakan hal yang harus dimiliki. Hal ini karena jika kita hanya mengerti bagaimana smart solution itu saja kita akan kesusahan sendiri apabila soal yang kita kerjakan berbeda tipe dari smart solution itu tadi. Dengan pemahaman materi yang baik akan membuat kita dengan mudah menerapkan smart solution itu. Maka dari itu disini peran pendidik sangat diperlukan karena sangat jarang pendidik pada tempat bimbel mengajarkan materi secara mendetail dan juga tidak ada yang salah jika pendidik di sekolah mengajarkan smart solution akan tetapi mereka harus terlebih dahulu diberikan pemahaman materi sehingga penerapan dari smart solution lebih bisa digunakan dan diaplikasikan dalam bentuk soal seperti apapun. Smart solution adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan saat ini akan tetapi pengusaan dari materi matematika jauh lebih penting karena penerapan dari smart solution akan lebih baik, Berikut merupakan contoh dari smart solution dari materi matematika SPLTV (Sistem Persamaan Tiga Variabel)   
Sekian dulu postingan kali ini, sampai ketemu di postingan yang lain ya gaes ,,,,,,,,,,,

No comments:

Post a Comment

  Peran ICT Dalam Pembelajaran Matematika: Penggunaan Zoom Meeting Sebagai Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Di Era New Normal .   Sumber (...